Sejarah

                   SEJARAH (RIWAYAT) PERPUSTAKAAN SMP-SMA SANTA ANGELA

Secara sederhana pengertian perpustakaan adalah salah satu bentuk organisasi sumber belajar yang menghimpun berbagai informasi dalam bentuk buku dan bukan buku yang dapat dimanfaatkan oleh pemakai (guru, siswa, dan masyarakat) dalam upaya mengembangkan kemampuan dan kecakapannya. Dengan memanfaatkan perpustakaan dapat diperoleh data atau informasi untuk memecahkan berbagai masalah, sumber untuk menentukan kebijakan tertentu, serta berbagai hal yang sangat penting untuk keperluan belajar.

Lebih luas lagi pengertian perpustakaan adalah salah satu unit kerja yang berupa tempat untuk mengumpulkan, menyimpan, mengelola, dan mengatur koleksi bahan pustaka secara sistematis untuk digunakan oleh pemakai sebagai sumber informasi sekaligus sebagai sarana belajar yang menyenangkan. Jika dikaitkan dengan proses belajar mengajar di sekolah, perpustakaan sekolah memberikan sumbangan yang sangat berharga dalam upaya meningkatkan aktivitas siswa serta meningkatkan kualitas pendidikan dan pengajaran.

Penyelenggaraan perpustakaan sekolah pun harus sejalan dengan visi dan misi sekolah dengan mengadakan bahan bacaan bermutu yang sesuai kurikulum, dan menyelenggarakan kegiatan yang berkaitan dengan bidang studi. Dalam menyikapi hal tersebut, perpustakaan SMP-SMA Santa Angela harus terus melakukan pengembangan ke arah yang lebih baik dari tahun ke tahun.

Berdasarkan sumber tertulis yang ada (Buku Induk Perpustakaan), perpustakaan SMP-SMA Santa Angela didirikan pada tahun 1973. Dalam perkembangannya dari tahun ke tahun, perpustakaan selalu mengembangkan sarana dan koleksinya, baik itu koleksi buku , ensiklopedi, maupun majalah. Sejak didirikan hingga sekarang, perpustakan telah beberapa kali mengalami pindah ruangan. Semula berada di area SMP, yang tepatnya di samping ruang portir. Beberapa tahun kemudian, perpustakaan pindah ke gedung milik SD St. Angela. Di gedung milik SD tersebut, perpustakaan letaknya berada di lantai 3. Karena letaknya yang cukup jauh dari unit SMP maupun SMA, maka pada awal tahun 2004 Sr. Jeannete Krista, OSU sebagai Ketua Yayasan pada saat itu, berencana untuk memindahkan perpustakaan SMP-SMA St. Angela menuju gedung baru yang pada saat itu sedang dibangun.

Pada tahun pelajaran 2004-2005, khususnya pada bulan November 2014 perpustakaan pindah ruangan dari lantai 3 gedung SD menuju ke lantai 2 gedung baru. Perpustakaan yang letaknya di gedung baru ini letaknya lebih strategis dengan unit SMP maupun SMA Santa Angela. Sehingga sejak akhir 2004, pengunjung perpustakaan mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Seiring dengan bertambahnya kebutuhan ruangan perpustakaan, pada awal tahun 2006-2007, perpustakaan ditingkatakan menjadi 2 lantai. Adapun penggunaan ruangan perpustakaan, yakni lantai 1 digunakan sebagai tempat penyimpanan buku, majalah dan pelayanan peminjaman koleksi, sedangkan lantai 2 digunakan sebagai tempat penyimpanan koleksi audio visual dan akses internet. Dalam menyikapi perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat, maka pada bulan Januari 2007 perpustakaan dilengkapi dengan komputer yang terkoneksi internet sebanyak 4 unit.

Sehubungan dengan semakin pesatnya penggunaan akses internet (baik oleh siswa/i maupun guru), maka pada tahun pelajaran 2007-2008, jumlah perangkat komputer ditambah 8 unit, sehingga seluruhnya menjadi 12 unit. Untuk meningkatkan sistem pelayanan perpustakaan, pada bulan April 2008, sistem pelayanan perpustakaan secara bertahap mengalami perubahan, dari yang awalnya secara manual menuju pelayanan yang berbasis otomasi dengan software e-angelalibrary dan system barcode. Selama 3 (tiga) bulan, dari April 2008 hingga Juni 2008, pustakawan memasukan seluruh data buku yang ada ke dalam software e-angelalibray, dengan tujuan agar pada tahun pelajaran 2008-2009 software tersebut sudah dapat digunakan di perpustakaan.

Pada bulan Juli 2008 (awal tahun pelajaran 2008-2009), seluruh koleksi telah tersimpan dalam software, sehingga mulai tahun pelajaran ini, sistem pelayanan perpustakaan SMP-SMA St. Angela, telah menggunakan sistem otomasi e-angelalibrary. Pada saat itu pula, sistem pelayanan peminjaman secara manual telah kami tinggalkan. Untuk mendukung sistem pelayanan tersebut, maka pada tahun pelajaran 2009-2010, seluruh kartu anggota perpustakaan (member card), yang awalnya menggunakan kertas manila tebal diganti menjadi model ID Card terlaminasi seperti model kartu ATM. Adapun dari setiap kartu tersebut, telah tercantum nama siswa, nomor anggota, dan font barcode masing-masing anggota perpustakaan untuk mempercepat sistem pelayanan.

Pada bulan Juli 2010, perpustakaan menambah sarana berupa pengadaan 2 (dua) lemari kaca khusus untuk penyimpanan koleksi ensiklopedia. Lemari kaca ensiklopedia disimpan di bagian depan ruang perpustakaan, dengan tujuan agar pengunjung dapat melihat dan membaca koleksi terbaru ensiklopedia yang ada di perpustakaan.

Pada tahun pelajaran 2011-2012, perpustakaan mengalami banyak pengembangan sarana untuk meningkatkan pelayanan dan kenyamanan pengunjung perpustakaan, antara lain pengadaan rak khusus penyimpanan tas (sebanyak 24 loker), kipas angin sebanyak 5 unit, penambahan komputer untuk akses internet sebanyak 3 unit, serta pengadaan meja baca pribadi (study carrel) sebanyak 12 unit.

Pada tahun pelajaran ini pula, tepatnya pada tanggal 21 Oktober 2011, untuk pertama kalinya perpustakaan SMA St. Angela diakreditasi oleh Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). Berkat persiapan yang baik oleh pustakawan serta dukungan dan bimbingan dari Kepala SMA St. Angela (Sr. Florentia Mujiyati, OSU.), akhirnya dalam akreditasi ini Perpusnas memberikan nilai “A” kepada Perpustakaan SMA Santa Angela.

sejarah
SERTIFIKAT AKREDITASI OLEH PERPUSNAS
 sejarah (5)
MEJA BACA ” STUDY CARREL “

Pada tahun pelajaran 2012-2013, tepatnya pada bulan September 2012, seluruh perangkat monitor (user) perpustakaan yang semula berbentuk CRT diganti menjadi bentuk LCD monitor. Selain itu, meja komputer user pun mengalami perubahan, dari yang semula bermodel meja lesehan menjadi meja standar pribadi dengan tempat duduk (study carrel).

sejarah (4) sejarah (3)
MEJA STANDAR KOMPUTER (STUDY CARREL) MEJA STANDAR KOMPUTER(STUDY CARREL)

Pada awal tahun pelajaran 2013-2014, perpustakaan mengembangkan sarana berupa pengadaan LCD projector yang diletakaan di lantai 2. LCD projector tersebut berfungsi untuk memutar koleksi audio visual bagi rombongan belajar yang ingin bersama-sama menyaksikan koleksi audio visual perpustakaan, yang tentunya harus didampingi oleh guru mata pelajaran yang bersangkutan. Untuk menyikapi penambahan koleksi audio visual, maka pada bulan Desember 2013, perpustakaan dilengkapi dengan lemari kaca audio visual sebanyak 3 unit, yang penyimpanannya berada di lantai 2 perpustakaan. Selain itu, dalam menyikapi penambahan buku yang semakin pesat, pada bulan Mei 2014 perpustakaan menambah lemari buku sebanyak 5 lemari, sehingga jumlah lemari buku yang ada saat ini menjadi 15 unit lemari.

sejarah (1) sejarah (2)
LCD PROJECTOR UNTUK PEMUTARAN KOLEKSI AUDIO VISUAL LEMARI KACA PENYIMPANAN KOLEKSI AUDIO VISUAL

Seiring dengan berkembangnya kebutuhan komputer untuk akses internet siswa/i, maka pada bulan Desember 2014 jumlah perangkat komputer ditambah 12 unit, sehingga jumlah seluruhnya menjadi 27 unit komputer user. Pada bulan Oktober 2017 jumlah perangkat komputer ditambah lagi sebanyak 9 unit, sehingga saat ini jumlahnya mencapai 36 unit komputer user. Seiring dengan bertambahnya jumlah komputer di perpustakaan, maka mulai tahun pelajaran 2017-2018 sarana komputer user di perpustakaan dipergunakan untuk UNBK SMP dan SMA Santa Angela.

Sampai saat ini jumlah koleksi perpustakaan terdiri dari: 14.862 eksemplar buku, 317 eksemplar majalah, 648 eksemplar karya ilmiah (hasil penelitian peserta didik), dan 724 keping koleksi audio visual. Adapun tenaga perpustakaan berjumlah 2 orang  yakni Firman Raissa dan Flaviana Murdaningsih, yang secara struktural berada di bawah pimpinan Kepala SMA St. Angela (Lucia Sri Istanti, S.Si.) dan kepala SMP St. Angela (Sr. Angela Yayah Rodiah, OSU., S.Pd.).

Iklan
Tinggalkan komentar

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

w

Connecting to %s