Sukses Jadi Pemimpin

Rencana Strategi (Renstra) Kampus Santa Angela  yakni “Menjadi institusi pendidikan yang menghasilkan pemimpin inovatif  berwawasan global berbasis ICT dan Sains”.

Dalam mendukung tercapainya renstra tersebut, Perpustakaan SMP-SMA Santa Angela menyediakan buku-buku mengenai kepemimpinan, karya John M Maxwell dan Eileen Rachman. Semoga buku-buku yang baru kami beli mengenai kepemimpinan ini  dapat bermanfaat bagi peserta didik, guru, dan karyawan di lingkungan kampus Santa Angela.

 

Sukses Jadi Pemimpin

Pandangan Positif Tentang Manusia

Kesuksesan seorang pemimpin ditentukan oleh persepsinya tentang manusia. Pandangan yang optimistis tentang kualitas-kualitas manusia menghasilkan perilaku pemimpin yang menghargai, membangun, dan memberdayakan aggota tim. Ketika pemimpin mampu menciptakan situasi kerja yang positif, menularkan antusiasme belajar, dan melakukan coaching secara efektif, organisasi akan menghasilkan talenta-talenta baru yang mampu menyongsong masa depan.

Pemimpin yang berprinsip

Dalam berbagai situasi, seorang pemimpin yang berhasil mampu bertindak berdasarkan prinsip yang kukuh, cakap mengontrol dirinya, serta konsisten melakukan apa yang ia janjikan. Kualitas-kualitas seperti itu tidak didapatkan secara instan, tapi dipupuk secara bertahap sehingga menjadi suatu kebiasaan. Kematangan seorang pemimpin akan menjadi teladan bagi orang lain, dan pada akhirnya mengukuhkan kembali nilai-nilai luhur organisasi.

Pemimpin yang terus-menerus belajar dan berpandangan ke depan

Mau mengevaluasi diri, terbuka terhadap kritik, terus melatih otot berpikir, serta bersikap proaktif dan waspada terhadap berbagai perubahan adalah ciri pemimpin yang bertumbuh. Ia tidak hanya peka terhadap situasi saat ini, tetapi mampu merumuskan visi bagi organisasinya. Ia tidak pesimistis melihat masalah dan tantangan, tetapi menjadikannya sebagai kesempatan untuk belajar dan memperbaiki diri. Dengan demikian, ia mampu memimpin organisasinya untuk berselancar dalam ombak perubahan dan menjalaninya dengan penuh antusiasme.

21 Ciri Pokok Seorang Pemimpin

Sepintas lalu, “membuat orang lain ingin mengikuti Anda” terkesan seakan-akan Anda sedang berusaha memanipulasi orang lain. Atau, jika Anda adalah orang yang diharapkan untuk mengikuti seorang pemimpin, mungkin Anda akan mempertimbangkan sangat banyak hal sebelum menyetujui hal itu. Namun, ketika kedua puluh satu ciri pokok dalam buku ini ada di dalam diri seorang pemimpin, masalah Anda pun terselesaikan.

Di dunia yang terus berubah dengan cepat, kepemimpinan yang sejati tidak pernah ikut tergerus. Sebutkan saja nama seorang pemimpin besar dari rentang waktu yang mana pun dalam sejarah, atau mungkin yang masih memimpin hingga saat ini, Anda akan menemukan bahwa kepemimpinan mereka diawali dengan siapa diri mereka sesungguhnya.

Menemukan seseorang yang rela mati hanya untuk mempertahankan integritasnya terkadang memang aneh, namun itulah kualitas yang selalu dicari orang dalam diri seorang pemimpin. Itu jugalah salah satu ciri pokok seorang pemimpin yang akan terus memotivasi kita.

The 17 Indisputable Laws of  Teamwork

Membangun dan mempertahankan sebuah tim yang sukses bukanlah tugas yang mudah. Bahkan orang yang telah membawa tim mereka pada tingkatan tertinggi sekalipun mengalami kesulitan untuk menciptakan ulang apa saja yang dibutuhkan untuk meraih kesuksesan itu. Apakah rahasianya adalah etika kerja yang kuat? Peralatan apa yang bisa Anda gunakan untuk membangun tim Anda?

 

Dalam buku 17 Hukum Mutlak untuk Membangun Kerjasama, ahli kepemimpinan dan penulis naskah terlaris versi New York Times, John C. Maxwell membagikan prinsip-prinsip penting untuk membangun tim, yang menentukan kesuksesan bisnis, keluarga, gereja, atau organisasi Anda.

 

Buku-Buku Kepemimpinan Lainnya :

 

 

Iklan